Konduktor dan Isolator
A . Tujuan Kegiatan :
1) Merancang percobaan untuk menguji apakah suatu
benda termasuk
konduktor dan isolator.
2) Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda-benda
yang dapat
menghantarkan listrik dan yang tidak.
3) Menjelaskan benda-benda berdasarkan kemampuannya
untuk
menghantarkan listrik.
B . Landasan Teori
:
Arus listrik sering berbahaya bagi
manusia yang terkenan atau
tersengat listrik. Banyak kejadian kematian manusia
akibat tersengat
listrik karena menyentuh bagian dari alat listrik yang
mudah
menghantarkan arus listrik. Dalam kehidupan
sehari-hari banyak
ditemukan berbagai listrik bahan atau benda yang
pemanfaatannya
ditentukan berdasarkan sifatnya yang mudah atau sulit
menghantarkan
listrik. Hampir semua bagian dari alat-alat elektronik
atau perlengkapan
listrik yang mudah tersentuh tangan atau tubuh kita
dibuat dari bahanbahan
yang tidak atau sulit mengalirkan arus listrik.
Misalnya, plastik,
karet, kaca, adalah bahan-bahan yang tidak atau sulit
menghantarkan arus
listrik. Bahan-bahan ini sering disebut isolator
karena sifatnya yang dapat
mengisolasi listrik dari benda-benda lain. Pada bahan
isolator elektronelektron
relati stabil, sehingga elektron sulit keluar dari
inti atomnya.
Sebaliknya, jika diperlukan media untuk menghantarkan
listrik
dengan baik dari satu bagian ke bagian lain, maka yang
digunakan adalah
bahan-bahan yang mudah menghantarkan arus listrik.
Bahan seperti ini
disebut konduktor atau penghantar listrik. Bahan yang
termasuk jenis
konduktor antara lain, logam seperti tembaga,
alumunium, timah, seng,
besi dan lain-lain. Penangkal petir yang terpasang di
bangunan yang
tinggi terbuat dari logam tembaga karena tembaga
adalah konduktor yang
baik. Di dalam bahan konduktor, elektron-elektron
tidak terlalu kuat
diikat oleh inti atomnya, sehingga ketika tegangan
listrik diberikan pada
bahan konduktor, elektron-elektron mudah lepas dan
bergetar, hal ini
menyebabkan arus listrik mudah mengalir.
C . Alat dan Bahan yang Digunakan.
1. penjepit jlemuran
berpegas
2. batu baterai ukuran
(ukuran besar)
3. lembaran aluminium
4. selotip
5. bola lampu senter
6. penggaris
7. gunting
bahan yang diuji:
1.
gelang karet
2.
kertas
3.
beberapa mata uang.
D . Langkah Kerja.
- Gunting lembaran aluminium berbentuk empat persegi paniang, berukuran 60 cm x 30 cm.
-Lipat lembaran aluminium tersebut pada pertengahan arah membujur sebanyak lima kali untuk membentuk pita tipis sepanjang 60 cm.
- Gunting lembaran aluminium berbentuk empat persegi paniang, berukuran 60 cm x 30 cm.
-Lipat lembaran aluminium tersebut pada pertengahan arah membujur sebanyak lima kali untuk membentuk pita tipis sepanjang 60 cm.
- Potong pita
aluminium tersebut pada pertengahannya untuk membuat dua pita masing-masing
sepanjang 30 cm.
- Tempelkan
dengan selotip satu ujung dari masing-masing pita. logam pada kutub-kutub batu
batere.
- Lilitkan ujung
yang bebas dari salah satu pita aluminium sekeliling kaki bola lampu senter.
Kencangkan dengan penjepit jemuran.
-Coba konduktivitas dari bahan percobaan yang disediakan dengan menyentuhkan logarn di ujung bawah bola
ampu senter pada satu sisi bahan, bersamaan dengan menyentuhkan ujung yang bebas pita logam dengan sisi lain dari bahan percobaan.
-Coba konduktivitas dari bahan percobaan yang disediakan dengan menyentuhkan logarn di ujung bawah bola
ampu senter pada satu sisi bahan, bersamaan dengan menyentuhkan ujung yang bebas pita logam dengan sisi lain dari bahan percobaan.
![]() |
E . Hasil Pengamatan
Tabel
Pengamatan
|
|||||
No
|
Bahan
|
Konduktor
|
Isolator
|
Keadaan
Lampu
|
|
Nyala
|
Padam
|
||||
1
|
gelang
karet
|
|
|
|
|
2
|
kertas
|
|
|
|
|
3
|
mata
uang Logam
|
|
|
|
|
F . Pembahasan :
Hasil: Hanya bahan mata uang yang dapat membuat bola lampu senter
menyala.
Mengapa? Rangkaian listrik adalah lintasan tempat elektron
bergerak mengalir. Sakelar adalah sebuah bahan atau alat yang bertinclak
sebagai jembatan atau jalan kecil untuk elektron. Pada saat sakelar ditutup,
elektron dapat bergerak bebas melaluinya, tetapi jika sakelar dibuka, elektron
berhenti. Bahan yang' diuji yang memungkinkan elektron mengalir melaluinya,
hanyalah yang terbuat dari logam. Menyentuhkan penjepit kertas pada salah satu
sisi dari sepotong logam dan ujung bola lampu pada sisi yang lain, memungkinkan
elektron rriengalir keluar dari kutub negatif batere melalui pita aluminium
(konduktor) ke dalam bola lampu. Elektron melanjutkan perjalanannya dari bola
lampu melalui pita aluminium dan kembali masuk ke kutub positif batere. Selama.
tidak terjadi pernutusan pada rangkaian, elektron terus mengalir dan bola lampu
terus menyala.
Untuk mengetahui tingkat penguasaan
saudara terhadap kegiatan praktikum
konduktor dan isolator, jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut.
1. Jelaskan perbedaan antara konduktor dan isolator?
2. Kelompokkanlah benda-benda berikut ini, apakah
termasuk konduktor atau
isolator:
a. Peniti; b. Plastik; c. Daun; d. Kaca; e. Kayu; f.
Paku; g. Sendok;
h. lidi; i. jarum
3. Mengapa perabot alat rumah tangga misalnya cerek,
setrika, panci untuk memasak
selalu ada bahan terbuat dari kayu, plastik, atau
kaca?
4. Bahan apa saja yang digunakan untuk membuktikan
konduktor dan isolator?
5. Bagaimana cara
membuktikan konduktor dan isolator?
G . Kesimpulan:
Tidak semua jenis bahan dapat
menghantarkan arus listrik dengan baik. Ada
bahan yang dapat menghantarkan arus listrik dengan
baik ada pula bahan yang
sangat buruk menghantarkan listrik.
Bahan-bahan yang sangat baik daya hantarnya disebut konduktor
sedang
yang sangat buruk daya
hantarnya disebut isolator.
Sebuah
lampu pijar dalam rangkaian listrik hanya menyala ketika
rangkaian
itu dalam keadaan tertutup, yang berarti bahwa energi listrik dapat
mengalir
dari sumber energi (baterai), meninggalkan baterai pada satu kutub,
menuju
ke lampu pijat, dan berubah menjadi energi panas dan cahaya.
Hal
penting yang perlu diketahui baik baterai maupun lampu pijar
mempunyai
dua terminal untuk membentuk hubungan tertutup.
Dengan
sebuah baterai, sebuah lampu pijar dan satu kabel, para siswa
dapat
menguji berbagai susunan dan melihat apakah lampu menyala atau tidak.
Terang
nyala lampu pijar tergantung pada tegangan baterai (Beberapa
banyak voltase yang disediakan).
3 comments:
Terimakasih banyak atas informasinya gan. Sangat bermanfaat sekali.
tambah lagi informasinyah.
visit : http://www.rajalistrik.com/
makasih banget. infonya sangat bermanfaat. ini semua akan dicoba di sekolah kami
mantap sudah bagus banget
Post a Comment