PANDUAN OBSERVASI
(Format IPKG 1/Rencana Pembelajaran)
Identitas Yang Diobservasi
1. Nama / NIP :
……………………………………………..
2. Guru Kelas/Bidang Studi : …………………………………………….
3. Nama Sekolah :
……………………………………………..
4. Mata Pelajaran :
…………………………………………….
5. Hari, tanggal, waktu : …………………………………………….
No
|
Pernyataan
|
Skala
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
I.
|
A. Rencana Pembelajaran
1. Menentukan bahan pembelajaran dan
merumuskan tujuan
a. Menggunakan bahan pembelajaran yang
sesuai dengan kurikulum
b.
Merumuskan tujuan khusus
2.
Memilih dan mengorganisasikan materi, media,
dan sumber
a.
Menggorganisasikan materi pelajaran
b.
Menentukan alat bantu mengajar
c.
Menentukan sumber belajar
3.
Merancang skenario pembelajaran
a.
Menentukan jenis kegiatan belajar
b.
Menyusun langkah-langkah mengajar
c.
Menentukan cara-cara memotivasi siswa
d.
Mempersiapkan pertanyaan
4.
Merancang pengelolaan kelas
a.
Menentukan alokasi waktu belajar-mengajar
b. Menentukan cara-cara pengorganisasian
siswa agar berpartisipasi dalam KBM
5.
Merancang prosedur dan mempersiapkan alat
evaluasi
a.
Menentukan prosedur dan jenis penilaian
b.
Membuat alat penilaian
6.
Kesan umum rencana pembelajaran
a.
Kebersihan dan kerapian
b.
Kepraktisan penggunaan
c.
Penggunaan bahasa tulis
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
Jumlah Skor Tiap butir
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
|
Total Skor
|
Skor Perolehan x 100 =
80
|
Keterangan:
Skor 1 =
sangat rendah
Skor 2 =
rendah
Skor 3 =
cukup
Skor 4 =
baik
Skor 5 =
sangat baik
Semarang,........................2011
Observer,
_________________________

(Format IPKG 2/Kemampuan Mengajar)
Identitas Yang Diobservasi
1. Nama / NIP : ……………………………………………..
2. Guru
Kelas/Bidang Studi : …………………………………………….
3. Nama Sekolah : ……………………………………………..
4. Mata
Pelajaran :
…………………………………………….
5. Hari,
tanggal, waktu :
…………………………………………….
No
|
Pernyataan
|
Skala
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
II.
|
B. Kemampuan Pengajaran
1.
Mengelola ruang, waktu, dan fasilitas belajar
a.
Menyediakan alat bantu pembelajaran dan sumber
belajar yang diperlukan
b.
Melaksanakan tugas rutin kelas
c.
Menggunakan waktu
secara efisien
2.
Menggunakan strategi pembelajaran
a.
Menggunakan jenis kegiatan yang sesuai dengan tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan
b.
Menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan, siswa, dan situasi
c. Melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam
urutan yang logis
d. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
secara indvidual, kelompok, atau klasikal
3.
Mengelola interaksi kelas
a. Memberikan petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan dengan isi pembelajaran
b.
Menggunakan pertanyaan dan respons siswa
c.
Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan
gerakan badan
d.
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
e.
Mengakhiri PBM dalam satu pertemuan
4. Bersikap terbuka, luwes, dan
mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar
a.
Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh
pengertian, dan sabar kepada siswa
b.
Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
c. Mengembangkan hubungan antarpribadi yang
sehat dan serasi
d. Membantu siswa menyadari kelebihan dan
kekurangannya
e.
Membantu menumbuhkan kepercayaan diri
5. Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran:
IPS
6. Melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar
a.
Melakukan penilaian selama PBM
b.
Melakukan penilaian pada akhir PBM
7. Kesan umum pelaksanaan
pembelajaran
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
…
|
Jumlah Skor Tiap Butir |
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
|
Total Skor |
Skor
Perolehan x 100=
135
|
Keterangan: Skor 1 (sangat rendah),
2 (rendah), 3 (cukup), 4 (baik), dan 5 (sangat baik).
Observer ____________________
NIP
0 comments:
Post a Comment