Thursday, 26 April 2012

laporan praktikum perubahan energi


PERUBAHAN ENERGI LISTRIK MENJADI ENERGI BUNYI
BEL LISTRIK
Disusun Guna Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Konsep Dasar IPA
Dosen Pengampu : M. Nur Arifin, S. Pd.





KELOMPOK 4 (1F)
Disusun Oleh :
INDAH SOFIAH
10120294

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI SEMARANG
2010
MEMBUAT BEL PENCURI
A. Tujuan: 
untuk menjelaskan perubahan energi listrik menjadi energi bunyi.
B.  Landasan teori
Energi listrik adalah energi yang ditimbulkan oleh benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik yang diam (statis) menimbulkan energi potensial listrik.
Bel listrik adalah contoh alat yang memanfatkan energi listrik untuk mengubah getaran elektromagnetik menjadi getaran suara. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh stasiun pemancar radio atau sinyal audio dari kaset magnetik atau citra optic dari piringan audia (audio CD) diubah sedemikian rupa oleh rangkaian elektronik, diperkuat oleh amplifier, dan disalurkan ke speaker. Getaran listrik pada speaker terdengar sebagai bunyi atau suara oleh telinga kita.
Bel listrik merupakan sistem yang pertamakali dibuat. Menggunakan prinsip elektromagnetik. Cara kerja bel lisrik dengan prinsip elektromagnetik yaitu dengan prinsip menjadikan besi dalam rangkaian bel listrik menjadi magnet sementara yang akan memukul berulang kali dengan cepat sehingga dapat menghasilkan bunyi yang keras. Bel listrik ini adalah yang paling sederhana saat pertama kali bel listrik mulai dipergunakan banyak orang.





C. Bahan dan alat yang diperlukan antara lain:
1.      Bel listrik
2.      3 buah baterai
3.      Pemberat logam berbentuk silinder berdiameter 1 cm dengan lubang ditengahnya(dapat kamu gunakan timah dari peluru pemberat pancing)
4.      Gabus, Benang jahit
5.      Kabel kecil kira-kira 1 m (potong menjadi 3 bagian)
6.      Pipa paralon dengan diameter ¾ inci dan p=+_10cm
7.      Pisau dan papan.

D.                         Cara Membuat :

1.      Buatlah lubang panjang pada paralon .
2.      Buatlah 2 potongan gabus yang seukuran dengan diameter dalam paralon sepanjang 1cm.Salah satu gabus dilubangi di bagian tengahnya
3.      Ikatlah kabel pada ujung paku tersebut
4.      Setelah satu paemberat diikat dengan benang
5.      Masukkan kedua pemberat dan kedua gabus kedalam paralon
6.      Susunlah semua alat yang  telah ada
7.      Rekatkan paralon yang sudah terangkai pada sebilah papan(lihat gambar 7.6).Pakukan papan tempat paralon pada kusen pintu dibawah kunci pintu.Ikat lah benang pada paku yang telah bersatu dengan pemberat logam sebelah atas dan tarik keatas. Lalu ikatkan ujung benang yang lainnya kegagang pintu.Hubungkan kutub (-)baterai dengan bel listrik.






E. PENGAMATAN.
Berdasarkan pengamatan terlihat bahwa pada rangkaian diatas Pemberat yang diikat dan ditarik keatas dengan benang yang mempunyai tujuan agar hubungan listrik terputus saat benang dilepas atau terputus maka logam pemberat sebelah atas akan jatuh dan menimpa logam pemberat sebelah bawah sehinga arus  listrik dari baterai mengalir . Akibatnya bel listrik berbunyi . Hal yang perlu perhatikan adalah jangan sampai benang putus tetapi pemberat logam yang diatas tidak jatuh. Hal itu akan mengakibatkan arus listrik tidak mengalir(bel tidak berbunyi) .

F.  PEMBAHASAN
Berdasarkan percobaan bel listrik saat dijatuhkannya antara pemberat yang ada di atas dengan pemberat bawah sehingga menimbulkan aliran listrik . Kabel yang tersambung antara baterai dengan bel saat pemberat saling bersentuhan membuat bel listrik berbunyi.
G.  PERTANYAAN
Bagaimana Cara kerja bel listrik ?
Jawaban:
Pada rangkaian diatas Pemberat yang diikat dan ditarik keatas dengan benang bertujuan agar hubungan listrik terputus . Bila benang dilepas atau terputus maka logam pemberat sebelah atas akan jatuh dan menimpa logam pemberat sebelah bawah sehinga arus  listrik dari baterai mengalir . Akibatnya bel listrik berbunyi . Hal yang perlu perhatikan adalah jangan sampai benang putus tetapi pemberat logam yang diatas tidak jatuh. Hal itu akan mengakibatkan arus listrik tidak mengalir(bel tidak berbunyi) .

  1. Bagaimana cara kerja energi listrik berubah jadi energi bunyi?
Jawaban:
cara kerjanya Yaitu dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak yang mampu menciptakan suatu gelombang longitudinal sehingga terciptalah suatu bunyi. Gelombang tersebut terjadi karena getaran membran yang menyebabkan resonansi di sekeliling membran tersebut.
Perhatikan berbagai peralatan elektronik penghasil bunyi di sekitar anda, saat peralatan tersebut dinyalakan dan menghasilkan bunyi,maka terjadi suatu getaran pada alat tersebut (perhatikan speaker sebuah radio yang sedang menyala).

H.                         KESIMPULAN
1.    Bel listrik merupakan perubahan antara energi listrik menjadi energi bunyi.
2.    Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Dalam hal ini bel listrik sebagai mediumnya.
3.    Energi listrik menjadi energi gerak juga mampu menghasilkan energi bunyi . Yaitu dengan menciptakan suatu gelombang longitudinal sehingga terciptalah suatu bunyi. Gelombang tersebut terjadi karena getaran membran yang menyebabkan resonansi di sekeliling membran tersebut.

2 comments:

Devia Reskinovitasari said...

Terimakasih artikel anda sangat membantu...beberapa artikel yg saya dapatkan belum ada yg dapat menjelaskannnya....

rega said...

Gambar nya mna min.share donk

Post a Comment

 
;