Friday 18 May 2012

IPKG LKTI DEPDIKNAS


SIKLUS 1PANDUAN OBSERVASI

(Format IPKG 1/Rencana Pembelajaran)



Identitas Yang Diobservasi

1. Nama / NIP                         : ……………………………………………..
2. Guru Kelas/Bidang Studi   :  …………………………………………….
3. Nama Sekolah                     : ……………………………………………..
4. Mata Pelajaran                    : …………………………………………….
5. Hari, tanggal, waktu           : …………………………………………….
  
No
Pernyataan
Skala Penilaian
1
2
3
4
5
I.

A.    Rencana Pembelajaran

1.   Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan
a.    Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum
b.   Merumuskan tujuan khusus
2.   Memilih dan mengorganisasikan materi, media, dan sumber
a.    Menggorganisasikan materi pelajaran
b.   Menentukan alat bantu mengajar
c.    Menentukan sumber belajar
3.   Merancang skenario pembelajaran
a.    Menentukan jenis kegiatan belajar
b.   Menyusun langkah-langkah mengajar
c.    Menentukan cara-cara memotivasi siswa
d.   Mempersiapkan pertanyaan
4.   Merancang pengelolaan kelas
a.    Menentukan alokasi waktu belajar-mengajar
b.   Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar berpartisipasi dalam KBM
5.   Merancang prosedur dan mempersiapkan alat evaluasi
a.    Menentukan prosedur dan jenis penilaian
b.   Membuat alat penilaian

6.   Kesan umum rencana pembelajaran
a.    Kebersihan dan kerapian
b.   Kepraktisan penggunaan
c.    Penggunaan bahasa tulis

































































Jumlah Skor Tiap butir
Total  Skor
Skor Perolehan x 100 =
               80

Keterangan:
Skor 1  = sangat rendah
Skor 2  = rendah
Skor 3  = cukup
Skor 4  = baik
Skor 5  = sangat baik

                                                                                    Semarang,........................2011
Observer,


                                                                                                _________________________














SIKLUS 1PANDUAN OBSERVASI
(Format IPKG 2/Kemampuan Mengajar)

 


Identitas Yang Diobservasi

1. Nama / NIP                         : ……………………………………………..
2. Guru Kelas/Bidang Studi   :  …………………………………………….
3. Nama Sekolah                     : ……………………………………………..
4. Mata Pelajaran                    : …………………………………………….
5. Hari, tanggal, waktu           : ……………………………………………. 
No
Pernyataan
Skala Penilaian
1
2
3
4
5
II.


























B. Kemampuan Pengajaran

1. Mengelola ruang, waktu, dan fasilitas belajar
a.       Menyediakan alat bantu pembelajaran dan sumber belajar yang diperlukan
b.       Melaksanakan tugas rutin kelas
c.       Menggunakan waktu  secara efisien
2. Menggunakan strategi pembelajaran
a.       Menggunakan jenis kegiatan yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan
b.       Menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, dan situasi
c.       Melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam urutan yang logis
d.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara indvidual, kelompok, atau klasikal
3. Mengelola interaksi kelas
a.       Memberikan petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran
b.       Menggunakan pertanyaan dan respons siswa
c.       Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan
d.      Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
e.       Mengakhiri PBM dalam satu pertemuan
4. Bersikap terbuka, luwes, dan  mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar
a.       Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertian, dan sabar kepada siswa
b.       Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
c.       Mengembangkan hubungan antarpribadi yang sehat dan serasi
d.      Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya
e.       Membantu menumbuhkan kepercayaan diri
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran:
  IPS
  1. Mengembangkan pemahaman konsep IPS terpadu
  2. Mengembangkan pemahaman konsep waktu
  3. Mengembangkan pemahaman konsep ruang
  4. Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity).
6. Melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar
a.       Melakukan penilaian selama PBM
b.      Melakukan penilaian pada akhir PBM
7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
  1. Keefektifan pembelajaran
  2. Penggunaan bahasa Indonesia lisan
  3. Peka terhadap kesalahan siswa
  4. Penampilan guru dalam PBM






















































































































































Jumlah Skor Tiap Butir

Total Skor

Skor Perolehan x 100=
135
Keterangan: Skor 1 (sangat rendah), 2 (rendah), 3 (cukup), 4 (baik), dan 5 (sangat baik).

                                                                                    Observer                                                                                                                      ____________________
                                                                                                NIP

0 comments:

Post a Comment

 
;